Drs. Dominikus Batang
ABSTRAK
Salah satu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar IPS adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi. Dengan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampaun peserta didik untuk berpikir secara kritis dan mampu menyelesaikan suatu masalah dalam kelompok diskusi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana keberhasilan guru dalam penerapan pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi. 2) bagaimana perbandingan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi pada materi Kehidupan Manusia Pada Masa Praaksara di Indonesia. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi pada materi Kehidupan Manusia Pada Masa Praaksara di Indonesia. Siswa kelas VIIa dan siswa kelas VIIb SMP N 2 Pantai Baru. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang diajarkan dengan pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi. 2) untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam menerapkan pembelajaran Inquri dan pembelajaran Diskusi. 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Inquiri dan pembelajaran Diskusi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, akan dianalisis hasil belajar dari dua kelompok sampel. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada sampel I menggunakan metode Inquiri, pada sampel II menggunakan metode Diskusi dan dibagai dalam tiga kali pertemuan untuk setiap sampel. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes yang akan dianalisis dengan
menggunakan statistic inferensial (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa = 2,72 dan = 2,0010 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H₁ diterima, artinya ada perbedaan prestasi belajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda
terhadap prestasi belajar siswa.