ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan para pengusaha kecil untuk kelompok Kios di Kelurahan Londalusi Kecamatan Rote Timur Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam merumuskan strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha yang ada. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari dimensi lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari dimensi lingkungan dan merumuskan model strategi yang tepat bagi para pengusaha Kios untuk mengembangkan usahanya. Hasil penelitian menunjukan, kios-kios yang dikelola memiliki kekuatan tetapi juga memiliki kelemahan dan memiliki peluang tetapi juga memiliki ancaman. Oleh karena itu dalam analisis lingkungan bisnis dapat direkomendasikan strategi SO untuk diterapkan dimana kekuatan internal dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang yang masih tersedia. Strategi ini didukung dengan alternatif kebijakan, penetapan harga jual yang kompetitif untuk menarik pelanggan dan tetap bersain, peningkatan, pelayanan terhadap konsumen untuk mempertahankan langganan dan penyediaan barang dagangan yang cukup sesuai kebutuhan konsumen.
Kata Kunci : Dimensi Lingkungan Internal Dan Eksternal, Strategi Pengembangan Usaha BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY ANALYSIS OF CHOICE (Studies in Business At the Village East Rote Londalusi District)